Selasa, 02 Juli 2013

SELALU ADA HARAPAN,SELALU ADA KEBAIKAN...

















ANDA BUKAN SATU-SATUNYA    
     
        Masalah telah dialami oleh orang-orang sebelum kita,masalah-masalah juga sudah sering kita hadapi dan kita akan terus menghadapinya selama hidup kita di dunia karena kita hidup. Selanjutnya kita akan dihadapkan dengan masalah yang lebih serius lagi saat kita sudah meninggalkan dunia ini,ketika dialam kubur kita akan ditanya oleh malaikat tentang,siapakah Tuhanmu,apa agamamu dan siapakah Nabimu? Kemudian saat tiba hari berbangkit kita akan dihadapkan dengan masalah yang jauh lebih dahsyat,yaitu tentang amal perbuatan kita selama di dunia yang akan ditimbang yang akhirnya akan menentukan kemana tempat tinggal kita selanjutnya surga atau neraka.Disini segala hal-hal yang betentangan sudah terpisahkan,yang baik-baik dan yang jelek sudah terpisah,kenikmatan dan kebahagiaan sudah terpisah dengan kesusahan dan kesengsaraan. Tidak ada lagi ambisi yang menjadi penyebab kegalauan dan kegelisahan seperti didunia,yang ada hanya masalah penyesalan bagi yang mendapatkan kekalahan.

       Pendeknya,Semua dari kita pasti pernah dan akan mengalami yang namanya masalah,dan masalah-masalah inilah yang sebenarnya membuat orang merasa galau,apakah itu galau yang disebabkan masalah kegagalan yang akhirnya membuat kecewa dan hilang gairah,kegalauan dikarenakan masalah hutang yang membuat dunia terasa sempit,galau karena masalah hilangnya kepercayaan orang lain kepada diri kita yang membuat jiwa menjadi tertekan dan hilangnya kepercayaan diri,dan masih banyak lagi. Masalah datang kepada siapapun, dan galau bukanlah sikap yang tepat untuk menghadapi ini semua,karena yang kena masalah bukan kita saja,semua mengalaminya. Tapi ada yang berbeda,ada orang yang galau dan sebagian ada yang tetap dalam ketenangan.

      DIUJI BERARTI BERKUALITAS

       Almarhum Ustadz Jeffry Albukhari di salah satu acara televisi pernah  mengatakan bahwa yang diuji oleh Allah adalah yang berkualitas,beli emas setengah gram pasti diuji,beli besi satu truk tidak perlu diuji. Anda diuji berarti anda berkualitas. Dan ini harus kita syukuri,karena tidak ada kesuksesan tanpa kegagalan,jarang sekali  ada proses perbaikan tanpa adanya kerusakan terlebih dahulu. Dan percayalah menangis itu tidak akan berlangsung selama- lamanya karena tidak lama berselang akan ada tawa. Terik panas matahari datang karena ditakdirkan untuk kepentingan kehidupan manusia, namun curahan hujan juga hadir karena akar-akar kayu dan tanaman mendapat anugerah dari sang pencipta untuk melepas dahaga,dan akhirnya dengan anugerah Allah itu manusia bisa memakan sayuran dan buah-buahan. Selalu ada hikmah di balik setiap kejadian, selalu ada kebaikan dibalik setiap ujian dan masalah, selalu ada harapan di setiap langkah kehidupan, ketika malam telah gelap gulita itu berarti tidak lama lagi pagi akan tiba. Ketika tali sudah kencang dan sangat tegang itu berarti tidak lama lagi tali itu akan putus.Ketika anda jatuh ke titik nadir,itu berarti anda akan segera melambung ke titik tajir seperti bola yang akan melambung ketika jatuh ke dasar tanah. Sangat tepat dengan apa yang di ungkapkan tokoh wanita R.A Kartini “Habis gelap terbitlah terang.”Dan satu hal lagi yang tidak bisa diperdebatkan yaitu kalamullah dalam suroh Al-Insyirah ayat ke 5:

                             “Sesungguhnya bersama kesusahan ada kemudahan.”


Apalagi yang membuat anda galau,bersedih,kecewa,dan marah,karena kesedihan dan kegalauan anda pasti berlalu. Kegembiraan sudah menunggu anda jika anda sabar dan kemudian keluar dari masalah anda. Apalagi yang membuat anda galau,surah an nasrh ayat yang ke 5 sudah cukup menjadi pegangan anda.

       Walaupun cobaan dan ujian yang kita alami sudah pasti tidak seberat yang diujikan kepada para nabi dan rasul, tetapi itu adalah kisah kebenaran yang didalamnya terdapat pengajaran yang dahsyat. Mari kita kembali membaca kisah-kisah para nabi dan rasul juga kisah-kisah sahabat,tabi’in,dan orang-orang shaleh,semua dari mereka telah mengalami ujian dan cobaan yang berbeda-beda.Tetapi mereka menghadapinya dengan cara yang sama,yaitu sabar.

“ Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. ................(QS.Yusuf 111)


       Rasulullah SAW kekasih Allah juga sering sekali mendapat ujian,tantangan dan bahaya datang silih berganti dalam menjalankan misi kenabian yang telah diamanahkan Allah kepadanya.,tapi beliau tidak pernah berlarut dalam kegalauan,kesedihan,kemarahan dan kekecewaan,karena beliau memiliki hati yang ikhlas,tekat yang kuat serta keteguhan tanpa batas,beliau mengerahkan segala daya dan upaya dengan penuh kesabaran untuk menegakkan kalimat Allah dan membumikan Islam di muka bumi ini. Beliau sering dicaci,dimaki,dicemooh,dihina bahkan ingin dibunuh oleh orang-orang yang belum mau menerima risalah yang dibawanya. Bahkan beliau SAW  pernah di usir dari kampungnya. Mari kita bayangkan jika ini terjadi pada diri kita,mungkin sikap yang paling cepat kita pilih adalah galau,kekecewaan yang luarbiasa,kemarahan yang dahsyat,kesedihan yang mendalam dan mungkin rasa ingin membalas dendam kepada orang yang mengusir kita.betapa sedihnya seandainya kita di usir dari kampung kita sendiri tempat kita dilahirkan dan dibesarkan.Nabi kita di usir dari Mekkah,tetapi beliau sabar dan akhirnya beliau harus hijrah ke Madinah,tapi lihat apa yang terjadi dengan hijrahnya beliau ke Madinah akhirnya beliau berhasil menyiarkan islam di Madinah,dan Madinah menjadi sebuah kota besar yang sangat akrab di telinga orang di jagat raya ini.

      Nabi Ibrahim harus menjalankan perintah Allah untuk menyembelih anak kesayangannya yang telah lama dinantikannya.Tetapi nabi Ibrahim dan anaknya ridho dan sabar akan melaksanakan perintah Allah karena kecintaan mereka kepada Allah SWT,Akhirnya kesabaran berbuah kebaikan,Allah menukarnya dengan sembelihan yang lain.

      Nabi Zakariya bersabar dan selalu berdo’a agar diberi anak,dan akhirnya Allah menjawab do’anya dan memberikannya anak yang shaleh bernama Yahya.

     Nabi Ayub diuji Allah dengan penyakit kulit yang dahsyat.Tetapi beliau tetap bersabar dan bersyukur menghadapinya.Akhirnya do’a beliau dikabulkan Allah,Nabi Ayub sembuh dari sakitnya,dan ujian-ujian dari Allah yang pernah dialaminya menghantarkannya menjadi hamba yang disayang oleh Allah dan sampai sekarang beliau adalah salah satu teladan kesabaran.


      Ahmad ibnu Hambal pernah di penjara,dan itu adalah masalah,tapi kita semua tahu akhirnya beliau kemudian menjadi imam salah satu madzhab.
    
       Imam besar sekaliber imam Ghazali seorang tokoh intelektual islam juga pernah mengalami masalah mengenai keragu-raguan selama 10 tahun dalam penyelamannya mencari ilmu dan kebenaran, namun selanjutnya inilah yang membawanya disebut sebagai hujjatul Islam dengan kitab Ihya ‘Ulumuddin sebagai salah satu karyanya.

      Intinya adalah, ketika kita terkena masalah pasti ada sisi terang dari masalah itu dan itulah yang harus kita lihat. Kita akan merasakan indahnya sehat kalau kita pernah sakit. Kita merasa indahnya bersedekah karena kita pernah merasakan diberi uang sepuluh ribu sangat berarti diwaktu kita susah dulu. Dan biasanya ketulusan dan keikhlasan sebuah doa muncul tatkala rasa sakit menimpa kita, kita akan mengadukan ketidakberdayaan kita kepada pencipta kita. Kita berusaha untuk dekat kepada Nya dan ini adalah anugerah, masalah kita akhirnya membawa anugerah besar.



      Wahai saudaraku,jangan galau karena masalah anda,jangan bersedih dan jangan berkurung di kamar,kita sedang di uji oleh Allah,kita sedang diperhatikan oleh Allah,keluarlah dari kamar besok pagi,buka pintu rumah yang pengap,berjalanlah keluar,tarik nafas dalam-dalam,rasakan kesejukan pagi mengalir kedalam darah anda,keluarkan nafas perlahan seraya ucapkan “ALHAMDULILLAH…”Terima kasih ya Allah,engkau masih memberiku udara yang sejuk untuk melanjutkan hidupku hari ini,hari ini aku tidak akan galau dan bersedih,hari ini aku tidak akan mengeluh,hari ini aku akan bahagia,izinkan lah aku hari ini bersujud dan masuk ke masjidMu,izinkan lah aku datang memenuhi panggilan kemenanganMu.


 WALLAHU A'LAM
Demikian dulu ya postingan kali ini,Semoga artikel ini bermanfaat buat saya dan sobat wisata spritual smuanya. AMIN.



Sumber gambar : vivitnm.worpress.com
                             intisari online.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar